100 Hari Kepemimpinan Rektor Universitas Karimun Periode 2015-2019


Terpilih melalui Fit and Propertes kemudian dilantik menjadi rektor pada tanggal 30 April 2015 oleh Ketua Yayasan 7 Juli Karimun yakni Drs.H.Haris Fadilah sekaligus disaksikan oleh utusan kopertis wilayah X serta dihadiri oleh Bupati Karimun Dr.H.Nurdin Bashirun, tepat hari ini merupakan moment 100 hari kepemimpinan Rektor baru Universitas Karimun (Dr. Elvis Adril, ST.,MT) yang berasal dari Dosen Politeknik Negeri Padang.
Banyak hal yang telah dimulai mulai oleh beliau untuk  pengembangan dan pembenahan universitas ini kedepan. Apa langkah yang telah dilakukan oleh sang rektor dibumi berazam ini selama 100 hari kepemimpinannya berikut wawancara Tim Kreatif Kepribisnis.com (TKKB) dengan Rektor Universitas Karimun Dr.Elvis Adril, ST.,MT (Rektor), ruang kerjanya :
-      (TKKB) : 
Bisa kami minta waktu Bapak beberapa saat untuk mewawancarai Bapak ?
-         (Rektor) :  
Boleh, terima kasih saudara telah datang ke sini, saudara dari mana?
-         Kami dari Tim Kreatif Kepribisnis.com pak :
-         (Rektor) :  
Baik, Silahkan
-         (TKKB) : 
Apa saja yg telah bapak lakukan selama 100 hari kepemimpinan Bapak
-         (Rektor) :  
Alhamdulillah ada beberapa hasil strategis yang terkait dengan status Kampus Universitas Karimun salah satunya yang kini sangat penting dan berarti yakni telah terakreditasinya Universitas  Karimun oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Dirjen Pendidikan Tinggi (BAN PT Dikti) Dgn No: 630/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015 (dimana khusus untuk akreditasi institusi ini, Kampus Universitas Karimun merupakan satu satunya universitas swasta pertama di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yg telah terakreditasi secara institusi oleh Dirjen Dikti. Anda bisa melihat ini di link website berikut: http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil_aipt.php



-         (TKKB) : 
Baik, Selanjutnya apa gambaran umum yang langkah strategis yang utama bapak lakukan dalam 100 hari ini pak ?
-         (Rektor) :  
Yang saya lakukan sesuai arahan dari Sosialisai Monitoring dan Evaluasi (Monev) tahun 2015 dari Tim Koordinator Perguruan Tinggi (Kopertis) Wilayah IX yakni melakukan Pembenahan Struktur Organisasi, Insyaalloh struktur yang telah disepakati bersama dengan yayasan akan rampung pada akhir bulan ini, struktur yang ada mulai dari rektor, wakil rektor, dekan, Ketua Program Studi (Kaprodi), dosen dan Karyawan untuk pembenahan dan perbaikan pembenahan yang sesuai job deskripsinya.
-         (TKKB) :
Maksudnya apa bapak mau mengganti semua struktural yang ada pak?
-         (Rektor) :  
Bukan diganti, maksudnya semua diseleksi disesuaikan dengan peraturan yang ada yaitu Permendikbud No.184.Tahun 2001, Keputusan Dirjen Dikti No.034 Tahun 2002 dan UU No.12 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi, hal ini menuntun kita, agar kita menjalankan Institusi tidak melanggar aturan yg ada.
-         (TKKB) :
Contohnya penerapannya bagaimana pak?
-         (Rektor) :  
Jadi begini, misalnya untuk menjadi Dosen tetap yayasan ada persyaratan yg harus dipenuhi sesuai aturan yang saya jelaskan tadi, yakni setelah tertata struktur organisasi baru sesuai aturan, saya akan melangkah ke pada Proses Proses Belajar Mengajar (PBM) dimana hal ini kedepan sangat erat berhubungan nantinya dengan pembenahan kurikulum guna menghasilkan para alumni yg professional dan mampu diterima serta dipakai oleh semua stakeholder yang membutuhkan khususnya di Kabupaten Karimun.
-         (TKKB) :
Baik pak, untuk selanjutnya, mohon maaf, jika pertanyaan ini jika agak sensitif.

-         (Rektor) :  
Pemasalahannya ?
-         (TKKB) :
Mengenai masalah pembayaran honor bapak yang katanya sangat rendah sekali ketika menjadi Rekor Universitas Karimun ini dan bahkan ada yang mengatakan bapak meminta gaji sampai Rp.25 Juta, bagaimana penjelasannya itu pak?
-         (Rektor) :  
Seperti informasi yang beredar selama ini di beberapa portal berita khususnya di internet, saya katakan bahwa saya tidak pernah minta gaji Rp 25 jt seperti yg diberitakan media masa internet waktu saya baru dilantik dulu, saya dalam hal ini berkomitmen untuk bekerja dan memperlihatkan terlebih dahulu hasil kerja nyata, jika telah ada pembaharuan dan perubahan untuk Universitas Karimun hingga lebih maju, saya yakin dan percaya pihak Yayasan tentu akan memperhatikan semua hal yang terkait dengan tingkat kesejahteran dan bisa jadi tidak menutup kemungkinan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini mungkin juga tidak akan tinggal diam, karena ini juga menyangkut marwah daerah yak kan?.
-         (TKKB) :
Mengenai hubungan dgn yayasan bagaimana pak ?
-         (Rektor) :
Hubungan saya dengan fihak yayasan yang menaungi universitas dalam hal ini Alhamdulillahsangat haromonis karena itulah kondisi ideal yang perlu dilakukan untuk saling menjaga dan selalu menjalin kerjasa yang baik, walaupun dalam job deskripsi (Jobdesk) pekerjaan mana kita tetap membagi sesuai dengan garis kerja masing-masing. Garis kerja rektor dilakukan oleh rektor sendiri begitu juga sebaliknya, dengan tetap saling saling komunikasi dan musyawarah dalam melakukan pengelolaan Universitas Karimun ini agar lebih baik dan maju.
-         (TKKB) :
Baik, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak yang telah bersedia melakukan perbincangan ini.
Share on Google Plus

About MUJAHID TECHNOLOGY (TM)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar